12.04
1
Judul : Bumi dan Permukaannya
Penulis : Drs. Sumadia
Penerbit : PT. Tira Pustaka
Tahun Terbit : 1996
Jumlah Halaman : 150









Buku ini berisi tentang peristiwa-peristiwa astronomis dan geologis yang terjadi pada permukaan bumi, seperti proses pembentukkan gurun karena pengikisan batu oleh angin selama beribu-ribu tahun dan kikisan tersebut terbawa oleh angin sehingga menyebar, proses pembentukkan delta oleh sedimen(serpihan-serpihan yang dibawa oleh sungai) yang mengendap, proses pembentukkan Grand Canyon oleh aliran Sungai Colorado yang membelah dan mengikis batuan-batuan serta dengan bantuan-bantuan dari matahari, angin, hujan, salju, es, dan kekuatan akar tetumbuhan yang mengerosi bebatuan-bebatuan selama jutaan tahun untuk memahat Grand Canyon, penyebab amblesnya tanah yang dikarenakan oleh pemompaan air tanah secara berlebihan sehingga menyebabkan akuifer yang terisi air menjadi kosong dan mengakibatkan turunnya tanah, proses pembentukkan bukit pasir oleh tumpukkan butiran pasir yang dibawa oleh angin, bagaimana terjadinya pasang surut air laut yang disebabkan oleh gravitasi bulan, dan yang lain sebagainya.

Buku ini juga memuat beberapa materi dalam ilmu geografi, seperti cara pembentukkan peta dengan tiga tahap yaitu, melalui fotografi udara yang kemudian akan disurvei oleh petugas medan, menyusun dan menggambar peta berdasarkan data yang terkumpul, dan akhirnya peta disalin agar dapat disebarkan, lalu terdapat pula cara membuat peta laut dengan tiga tahap yaitu, penetuan batas-batas perairan yang akan dipetakan, survey oleh kapal untuk mengukur kedalaman laut menggunakan sonar dan penentuan garis pantai menggunakan fotografi udara, dan akhirnya data mengenai pasang-surut, dan arus laut, demikian pula posisi mercu suar, pelampung rambu, dan penghalang di bawah air dikumpulkan dan dicantumkan dalam peta, dan juga masih banyak materi tentang ilmu geografi yang terdapat dalam buku ini.

Buku ini menggunakan bahasa yang deskriptif dan mudah dimengerti. Buku ini juga memiliki cover yang cerah. Ilustrasi yang terdapat dalam buku ini sangat lengkap dan jelas, juga berwarna sehingga pembaca tidak mudah bosan dan cepat mengerti. Buku ini memakai kertas yang tebal, sehingga tidak mudah sobek, dan juga membuat isi buku terlihat lebih mengkilap. Buku ini pun disertai dengan daftar istilah yang memudahkan pembaca untuk mencari arti atau pengertian dari bahasa asing yang terdapat dalam isi buku.

Sayangnya, penjilidan buku ini masih kurang sehingga menyebabkan jilid buku ini mudah terlepas. Apabila kertas buku ini terkena noda, noda tersebut juga sulit untuk dibersihkan, sehingga kita harus hati-hati pada saat membaca buku ini.

Buku ini cocok untuk dibaca oleh semua orang, terutama bagi para pelajar yang ingin mempelajari lebih dalam tentang peristiwa astronomis dan geologis pada permukaan bumi.

1 komentar: