13.11
1
Halo sobat alpha! Hari ini saya akan membahas seputar mangonel. Berbicara tentang mangonel, bagi kalian yang pernah bermain game RTS(Real Time Strategy) seperti Age of Empire, Empire Earth, dan yang lainnya tentu familiar dengan senjata yang satu ini.

Mangonel merupakan sebuah ketapel yang memiliki wadah lebih besar dibandingkan dengan ketapel biasa. Mungkin karena ukuran wadah ini, mangonel memiliki akurasi yang buruk. Apabila kalian melihat bentuk mangonel dengan teliti, sebenarnya mangonel menggunakan sistem ketapel sederhana. Berbeda dengan saudaranya yaitu Trebuchet yang menggunakan sistem pengimbang, mangonel hanya menggunakan sistem puntiran tambang untuk memacu lengan pelontar berposisi tegak(karena ditahan oleh sebatang kayu di depannya) yang akhirnya membuat batu pada wadah terlontar.

Mangonel menggunakan tenaga dari puntiran atau putaran tambang(Torsion Powered)
Gambar Mangonel

Walaupun memiliki akurasi yang buruk, sebenarnya mangonel termasuk senjata yang ditakuti. Bukan karena ukuran tetapi karena kemampuannya yang dapat melontarkan lebih dari satu batu dalam sekali tembak. Mangonel biasanya digunakan untuk menghancurkan tembok pertahanan lawan bukan untuk melewatinya, mengingat ukurannya yang lebih kecil dari trebuchet yang biasa digunakan untuk melontarkan batu melewati tembok pertahanan. Mangonel dapat pula melontarkan batu dengan kecepatan lebih tinggi dibanding dengan trebuchet. Karena kemampuan itulah yang menyebabkan mangonel menjadi senjata yang ampuh untuk menghancurkan dinding pertahanan lawan atau bangunan musuh.

Mangonel juga terkadang digunakan untuk melawan pasukan musuh dalam medan perang(sadis bangeeeett mengingat dapat melontarkan lebih dari satu batu dalam sekali tembak). Mangonel juga digunakan untuk meneror musuh dengan melemparkan mayat-mayat yang berpenyakitan ke kota-kota musuh. Selain itu, mangonel juga pernah digunakan oleh pasukan Perancis untuk melemparkan granat-granat ke pasukan musuh dalam Perang Dunia I.

Ok sobat, itulah semua yang saya tahu tentang mangonel, maafkan bila ada kekurangannya. Sampai jumpa lagi lain waktu....

1 komentar: